Hilangnya Tren dan Masa Kejayaan Vocaloid di Mata Para Penggemar


Vocaloid, Nama yang tidak asing bagi penggemar karakter Virtual Hatsune Miku. Selain Hatsune Miku, banyak character vocaloid di beberapa penjuru dunia. Awalnya Vocaloid merupakan sebuah software produksi Yamaha Corporation yang bisa menghasilkan suara nyanyian seperti manusia. Sejak munculnya Vocaloid sebagai salah satu lagu, Banyak sekali para penggemar yang mulai menyukai lagu dari character virtual tersebut.

Baca Juga

Vocaloid menjadi populer di tahun 2008 - 2012, dimana vocaloid masih berbentuk Dua Dimensi sebagai icon untuk lagu. Dimasa kepopuleran Vocaloid, banyak sekali muncul muncul charater virtual terbaru seperti Kagamine Rin/Len, Kaito, Megurine Luka, Gumi dll. Selain character, banyak lagu yang mulai di kembangkan dengan berbagai arti. Tidak hanya di Jepang, beberapa penggemar vocaloid juga membuat Fan Base dan menciptakan character Virtual dengan membawakan lagu menggunakan bahasa daerah mereka.

Salah satu lagu Vocaloid Hatsune Miku yang paling di kenal para penggemar adalah World is Mine, Love is War, Ievan Polkka, Miku Miku ni Shite Ageru dll.


Kejayaan Vocaloid

Ketika vocaloid versi kedua dirilis oleh Crypton, Vocaloid digadang-gadang menjadi suatu upaya revolusioner dalam musik. Sejak saat itu banyak para Band Band Penggemar Vocaloid mengembangkan lagu berbagai versi. Salah satu yang mulai berkembang adalah adanya musik vocaloid yang memiliki ritme tinggi seperti "The Dissappearance of Hatsune Miku", di susul dengan lagu Children Record yang merupakan lagu yang di bawa oleh Kagerou Daze / Mekaku City Actors. Namun pada saat itu Vocaloid masih berbentuk animasi 2D.

Sejak di masa kejayaan Vocaloid di tahun 2012, mulailah Vocaloid di kembangkan menjadi bentuk 3D dan diselenggarakannya Live Concert di berbagai wilayah. Vocaloid menjadi lebih populer dan dapat menjadi salah satu cara menjaga penggemar vocaloid di seluruh dunia.

Tren Vocaloid di Pasar Musik

Vocaloid memang masih sering menggelar Acara Live Concert tiap tahun. Namun banyak anggota band yang menjadi pudar dan jarangnya lagu vocaloid yang baru dan populer. Wowaka, salah satu seorang producer terkenal vocaloid yang meninggal beberapa waktu lalu yang membawakan lagu hits seperti Rolling Girl dan Uraomote Lovers, kini beberapa anggotanya mulai bergabung ke beberapa band lain.

Hachi salah satu producer lagu vocaloid yang memiliki banyak lagu hits hatsune miku seperti, Hiraite, Rinne, dan Matryoshka, sejak 2 tahun lalu telah membuat lagu tentang Hatsune Miku sampai hingga sekarang sudah jarang sekali aktif membuat lagu vocaloid. Lagu Hachi 2 tahun lalu yaitu " Sand Planet " memiliki tema tentang Hatsune Miku yang sedang berada di gurun dan tempat yang hancur, mungkin Hachi sudah memprediksi bahwa karirnya di dunia Vocaloid dan era Vocaloid mulai memudar. Sama halnya lagu hatsune miku yaitu " The Dissappearance of Hatsune Miku " yang juga sudah di khawatirkan suatu saat Miku akan di lupakan.


Vocaloid di Masa Kini dan Mendatang ?

Tentu Para Fan Base dan Para band band Vocaloid lambat laun akan bertambah tua dan tentu akan mulai berhenti di dunia vocaloid. Kini sisa sisa era vocaloid adalah lagu lagu mereka. Era Vocaloid mungkin suatu saat akan redup dan hanya meninggalkan lagu lagu. Salah satu cara agar Vocaloid tidak meredup adalah dengan mendengarkan lagu lagu lama.


EmoticonEmoticon

close
Banner iklan disini